Minggu, 27 Maret 2011

Tempramen berdasarkan FisiK??

Karena besok akan semesteran, akhirnya saya mengontak ortu untuk meminta doa dan restu (dikata mau nikah?), he.. saya emang kebiasaan dari dulu waktu masih tinggal di asrama, saat mau ujian biasanya agak panik karena bahan ujian yang cukup banyak untuk di hafal (maklumlah,, waktu sma saya lebih suka pelajaran itung-itungan ketimbang hafal2an… hedewh geblek banget deh).. dan biasanya kalo udah nelpon nyokap tu bawaan damaiii aja,, nasehatnya itu bikin menitikkan air mata*jiahh* ( anak kuliah yang baru pisah dari ortu, dan ga dibolehin pulang oleh peraturan asrama yang sangat ketat saat itu..huuu..). dan kebiasaan itu ternyata masih berlanjut sampe sekarang.

Akhirnya saya ngobrol-ngobrol dengan mama bergantian dengan papa, minta doa pun berlanjut dengan cerita-cerita tentang kampus sampai pada kegalauan saya yang saat ini sedang merasa lil bit krisis kepercayaan diri… huhu kenapa??.. yah saya lagi galau ajjah....hehe T_T => ga singkron!!

Dan dapatlah wejangan dari mama, biar saya lebih bijak, positif thinking ^&*(#$% dan optimis pasti bisa. Ketika giliran papa yg ngomong setelah mendengar curhatanku yang di loudspeaker oleh mama, katanya aku itu ‘lep-t-os-omm’, haa? Apa pa? kata papa , lep-t-os-omm *ga jelas* ha???,,

Akhirnya dijelaskannyalah bahwa leptosom itu jenis tempramen seseorang berdasarkan penampilan fisik serta dijelaskan tipe-tipe yang lain. Katanya aku itu kurus n langsing (tipe leptosome)*ge-er hehehe* jadi biasanya pendiam, mudah tersinggung dan pendendam.. *gubrakk huhuhuu* Jadi tipenya begitu,, untuk disadari aja dan kalo bisa diperbaiki (yang jeleknya)… (perasaan aku ga pendendam dwehh,, tp kalo di simpen alias ga langsung marah-marah di keluarin mungkin iya,,, eh sama ga ya?? :P) au deh,,, biar lebih jelas aku langsung gugling,, n langsung kita simak aja jenis-jenis fisik dan psikis berikut ini,, hiaaach…

Seorang ahli psikologi bernama Kretschmer membagi manusia menurut tipe berdasarkan kontistusi tubuh dengan temperamen.

a. Tipe PIKNIK

Konstitusi Fisik : pendek, gemuk, leher pendek dan kuat, banyak lemak hingga tulang-tulangnya tidak nampak

Temperamen : mudah kontak, ramah, menyenangkan dalam gaul, mudah merasakan suka duka orang lain, suka melucu, komedis

b. Tipe LEPTOSOM :

Konstitusi Fisik : tinggi, langsing, muka bulat telur, perut kecil, bahu sempit, tulangnya nampak

Temperamen : tenang dan pendiam tapi dalam dunia dalamnya perasaannya bergolak, susah kontak, menyendiri, terkadang melankolis

c. Tipe ATLETIK :

Konstitusi Fisik : badan kokoh, bahu lebar, kuat, kepala dan leher tegak, lebih pendek dari leptosom dengan urat - urat yang menonjol

Temperamen : lebih cenderung optimis, daya juang tinggi, perasaannya sukar digerakkan, kurang peka, hampir sama seperti phlegmatis

Kemudian dari segi Psikis seorang Galenus melahirkan tipologi Hippocrates - Galenus sebagai berikut :

a. Tipe KOLERIS

Optimistik, bersemangat, daya juang kuat, mudah meluap perasaannya, tindakannya cepat tapi tidak stabil, terkadang berbasa - basi, berpakaian rapi hanya sebatas pengakuan.

b. Tipe MELANKOLIS

Pesimistik, mudah kecewa, daya juang lemah, egois, selalu curiga terhadap orang lain, kurang percaya dan tidak mudah menerima keramahan orang lain, tidak mudah membuat janji.

c. Tipe PLEGMATIS

Tenang, tekun, lambat panas, tidak gampang terpengaruh, cenderung setia pada apa yang dicintainya, penyabar, apatis terhadap lingkungan sosialnya.

d. Tipe SANGUINIS

Hidup, ramah, supel,cepat bertindak dan berhenti, mudah menerima kesan, mudah ganti haluan, sering janji tapi tidak ditepati, suka menolong orang lain, bukan tipe penakut


Jadii saya itu leptosome(baru tau)?? Melankoliss?? Hmm,, perasaan saya itu Phlegmatic dweh,, eh tapi ada Sanguinnya juga, eh tapi,, eh.. eh,, eh kalo menurutku yahh,, di antara beberapa kriteria, kita itu tidak mutlak berada pada satu kriteria psikis, tapi ada persentasenya masing-masing. Hmm oke bagi anda-anda sekalian apakan percaya pada Kretschmer dan Galenus ??? lalu anda termasuk kriteria yang mana??? :D

2 komentar:

  1. waaah, gue sih sanguin sejati, kekekeke...

    BalasHapus
  2. wahh teteh piera komen disini...
    ini postingan saat sedang galau tingkat tinggi teh... xD
    ve jg sbenernya plegmatis abis (bbrapa kali tes), tp pernah jg tes yg hasilnya plegmatis-sanguin gitcuu...
    :P

    BalasHapus